Pages

Rabu, 20 Mei 2015

Drama Perpisahan "English Club"



English Club
(Drama 4 Bahasa (Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda)

Diceritakan disebuah sekolah, ada sekelompok anak kelas 12 yang sedang berharap harap cemas menanti hasil kelulusannya. Mereka pun merasa bimbang dalam menentukan jenjang pendidikan yang lebih tinggi mana yang akan mereka pilih. Ada yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, adapula yang ingin melanjutkannya di universitas dalam negeri. Namun semua itu tidak akan dapat mereka raih apabila tidak dibarengi dengan tekad dan usaha yang kuat.

ACT 1

Di suatu siang, ada seorang anak kelas 12 yang sedang kebingungan mencari sesuatu di dalam tas nya.

(abid masuk dengan menggendong tas dan Nampak kebingungan ,kemudian masuk teman satu komunitasnya dalam English club )

Abid : mana ya…(sambil mencari2 sesuatu dalam tas nya)
Euis : hei bid, you look so confused . What’s wrong?
Abid : hmm…I think I leave my book in our classroom. I can’t find it right now.
Euis : what book is it?
Abid : it’s my English book . I can’t find it my bag.
Euis : hmm…. Stay cool bid. You can take your book tomorrow, right?
Abid : its ok. It doesn’t matter for me.. (menutup dan menggendong tasnya )
Euis : by the way,, how about your plan to study abroad . Which university will you choose?
Abid : I think , I want to study at oxford university . There’s scholarship program to study there. I got the information from our English teacher. How about you?
Euis : I don’t know where . But, I want to study in this country, Indonesia..you know what? I love to stay here. And there are so many good university in this country.
Abid : but, your English is very good. Why you don’t go to study abroad with me?
Euis : I want too, but my parent don’t permit me.
Abid : I see… 

*music play…
(tiba tiba asri datang menghampiri abid dan euis )

Asri:se,,se,,se,,se dari harike hari aku perhatiin bahasa inggris kalian smakin hebat aja ….spektakuler gitu loh..!
(asri kbingungan sambil celingak celinuk melihat penamoilan euis dan abid)
Asri :sebenarnya,,aku itu tertarik sama club English kalian tapi ……………….opo yo gunanekalo sudah pandai bahasa inggris kaya kalian?
Euis :yo banyak sri,contone koe iso ngomong karo bule bule
Asri : iyo yo….koe betul bingitzz…..e…e….eh aku mau dong gabung ke club kalian pie toh carane..?
Euis : kleub b sri…kleub bukan club..(sambil tertawa kecil)
Abid : gini loh sri kamu tnggal hubungi aja guru bahasa inggggrismu,trus kamu bilang kamu mau gabung ke club bahasa inggris
Asri : oh gittu toh,,oke oke nanti sya hubungi guru saya
(tiba tiba datang mitha yang langsung nimbrung)
Mita:hey..hey..hey OMG HELLOOOWWW…loh th so kece banget sih haahhhh.emang mnrut lo dg lo pinter bahasa inggris lo bisa nguasain dunia gitu..?ga mungkiiiin…!
Abid:ummmmmm..mit,,,mit,,,mnguasai dunia dg tapis berbhasa inggris why not?bahasa inggris itu bahasa yang universal ,,mau pergi kmna aja kalo kita pandai berbhasa inggris kita gak bakalan kesasar..
Euis:bahkan sekarang mah di semua universitas di Indonesia juga,kalo interview kita di tuntut untuk bsa bhasa inggris loh..
Asri:se..se..se..kalo tak pikir pikir,betul juga yo….kalo saya nanti mau pergi ke jpang trus saya mau naik odong odong trus sya ndak bias ngomngnya,,pie toh..?di skul kita kan ndak ada bhasa jepang ?orang jepang pun ndak bsa bhasa indonesia  yoo..?
Mita:hellowww……lo lo pda tuh mimpinya pda ketinggian keles..emang lo pda mau msuk gitu ke universitas di luar negri?kalo gue sih udah pasti bkal masuk..so,,,,gue khant anak kimia yang pinter abiiszz..
Euis:tapi kan mit ,,kamu pandai kimia tapi gak bsa bhasa ingrgris juga kan prcuma ,,gmna cara kamu nanti berinteraksi sma dosen dsana?jadi mahasisiwa yg juara juga that is very impossible….
Mita : hehhh,,,,( sambil mendorong ) lho piker lho lebih hebat dari guee heuuhh ? okk.. gw tantang lho buat ikut testing salah satu universitas di London . kita buktiin siapa yang brhasil masuk ..
Sopian : kekeke … aya naon ieu the , gening meuni raribut kieu , kamu tak apa apa ish? (sambil menghampiri euis lalu bernyanyi)
Euis : apa sih kamu , aku bukan euish .. you are gaje
Abid : are you okay ? (sambil membantu membangunkan euis )
Euis : its okay … I am fine .
(lalu semua orang meninggalkan sopian sendiri yang tampak kebingungan )
Sopian : aduuh…aduhhh…(sambil menggaruk kepala ) perasaan saya serba salah melulu … saya harus bagaimana atuuh penonton ? saya kan orang baik , kok malah saya yang ditinggalkan sendiri ..
Asri : mas .. mas.. turun mas .. malu, wong season pertama wiss kelar tooh..
Sopian : ohh kituu ,,, hayu atuhh
*****Music play

ACT 2
 Hari yang ditunggu oleh siswa siswi kelas 12 pun tiba. Tiba saatnya pengumuman kelulusan untuk klas 12. Seluruh siswa berkumpul dikelas untuk mengetahui hasil ujian mereka.

Guru : assalamu’alaikum wr. Wb
Semua : wa’alaikumsalam wr. wb
Ibu guru:baiklah anak2,ibu akan mngumumkan tentang hasil siding kelulusan kalian. Berdasarkan hasil pertimbangan sekolah dan semua guru. Kami menyatakan  bahwasanya semua siswa siswi sekolah******dinyatakan LULUS100% dengan nilai yang cukup memuaskan.
Semua : Alhamdulillah… (beragam expressi siswa)
Guru : ibu ucapkan selamat kepada kalian semua. Kalian sudah ikut andil dalam mengharumkan nama sekolah. Ibu harap semuanya tidak berhenti sampai disini. Karena jalan yang akan kalian tempuh masih sangat panjang. Ibu juga memegang surat keputusan hasil seleksi beasiswa ke salah satu universitas yang ada di London yang diikuti oleh ketiga teman kalian yaitu Abid, Euis, dan Mitha.  Kepada ketiga tersebut silahkan maju kedepan. (sambil memberikan kertas pengumuman) apapun hasilnya, ibu harap kalian bisa menerimanya dengan lapang dada.
Abis, euis, mita : baik bu.. (serempak)
(mita ,euis ,dan abid membuka suat pernyataan tsb.)dan……………………………..
Abid:wuay,,,yes,,,aku lulus ish,,Finally, Idid it.. I did it!
Euis: really?? Congratulation bid.
Abid : thanks ish..
Euis : oke aku coba yah buka surat pernyataan punya aku..(stelah di buka) oh my God..abid I did it too…oh thanks God …ternyata kemampuan bahasa inggrisku sangat membantu disini. (tersenyum puas)
mita: hellowww………biasa aja keles.oke mngkin kalian beruntung. Tapi aku akan bersaing dg kalian di London(stelah di buka)..what..?aku gak lulus,,no,,no,,no ini gak mngkin…ini pasti gak bner..oh Gooood….hiks…hiks….hiks… (menangis kecewa)
Abid:mita…tenanglah …kau pnya ksemptandi lain waktu untuk menyusul kami. Perbaikilah bahasa inggrismu mit, aku yakin kamu akan mudah untuk masuk ke universitas manapun yang kau inginkan
Euis : kita akan membantu dan mendukungmu mita…jangan mudah menyerah apalagi putus asa. Masih ada kesempatan lain k omit..
Mita : ohh … aku minta maaf telah mencemooh bahasa inggris club kalian , ternyata pinter di satu bidang aja gak cukup…menguasai bahasa yang universal itu juga sangat penting.
 Sopian : betul itu, leres pisan. I agree with you mita. Let’s study English together sekarang mah.
Asri : oalah.. saya juga agree karo koe pian...ternyata English is very important for us.
Abid : that’s right. Makanya kita gabung English club. Karena di situ kita bisa belajar bahasa inggris lebih banyak dari pada di kelas.
Euis : betul itu, disana juga kita bebas berbicara bahasa inggris tanpa ada rasa malu atau takut salah. Salah dikit mah rapopo…namanya juga belajar toh..!
Mita : pokonya aku akan menyusul kalian nanti , sementara ini aku akan privat bahasa inggris dulu di Indonesia ,, sebelum aku menyusul kalian ( sambil nangis lebayy)
 Euis : good luck, mitt .. see you there.

Semua siswa pun saling memberi ucapan selamat atas kelulusan mereka. Kemudian mereka pun berpisah menuju rumah mereka masing- masing dengan membawa kisah dan berita masing- masing. Mereka pulang dengan  kesadaran dan motivasi baru. Pikiran mereka pun mulai terbuka, bahwa bahasa universal merupakan salah satu akses untuk membuka jendela dunia. Mereka pu belajar untuk Jangan pernah menyerah untuk meraih cita- cita. Jangan pernah ragu untuk bermimpi stinggi langit, karena semua berawal dari mimpi.
****** music play and sing together
THE END

0 komentar:

Posting Komentar